Pertahanan

Rektor UNHAN RI Mewakili Menhan RI Membuka Sekaligus Sebagai Keynote Speaker Pada Acara “Water Security Seminar” di UNHAN, Bogor

Sentul, Bogor – Rektor UNHAN RI Letjen TNI Jonni Mahroza mewakili Menteri Pertahanan Prabowo Subianto membuka acara sekaligus menjadi keynote speaker pada acara seminar Internasional Teknologi Ketahanan Air (Water Security Seminar) yang digelar di Aula Merah Putih Universitas Pertahanan Republik Indonesia (UNHAN RI), Bogor, Jumat, (22/9).

UNHAN RI menyelenggarakan seminar ini bekerja sama dengan Indonesia Business Post Media dalam rangka menjawab ancaman krisis air di Indonesia. Seminar Internasional Ketahanan Air (Water Security Seminar) Tahun 2023 yang mengusung tema “Technology For Indonesia” ini juga untuk memastikan ketersediaan air bersih untuk kehidupan, baik pembangunan ekonomi dan perlindungan lingkungan. Selain itu tema ini juga mencakup bagaimana cara menjaga agar air tetap bersih dan tetap terlindung dari polusi air dan bencana, serta pelestarian ekosistem.

“Tujuan dilaksanakan acara ini adalah untuk memperluas wawasan dan mendapatkan solusi tercapainya ketahanan sumber daya air dengan menggunakan teknologi paling mutakhir sesuai dengan kondisi alam Indonesia guna mempertahankan negara yang kuat,” kata Menhan Prabowo dalam amanatnya yang disampaikan Letjen TNI Jonni Mahroza.

Menhan menambahkan, diskusi mengenai water security menjadi sangat penting karena peran ketahanan air yang sangat vital dalam konteks supply chain berkelanjutan demi menjaga kelangsungan hidup bangsa dan negara Indonesia. Kehidupan manusia dan segala makhluk hidup, ketahanan pangan, ketahanan kesehatan, industri dan lain-lain adalah aspek yang tidak dapat terlepas dari ketahanan sumber daya air.

“Krisis air ke depan dapat memicu perang antar negara. Hal ini disebabkan nilai vital air yang mempengaruhi segala aspek kehidupan berbangsa dan bernegara,” tegas Menhan Prabowo.

Menhan menyampaikan, para pakar air internasional dan lebih dari 15 perusahaan dalam dan luar negeri yang memiliki teknologi terbaru dan tercanggih dalam konservasi dan ketahanan air, hadir dalam seminar untuk mendukung revolusi manajemen air dan ketahanan air Indonesia. (Biro Humas Setjen Kemhan)

sumber : www.kemhan.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button