Kalimantan Selatan

Kenalkan Produk Unggulan Desa, Pemprov Kalsel Akan Kembali Laksanakan BUMDesa Expo

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) akan kembali melaksanakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Expo bertempat di Lapangan Murjani Banjarbaru.

BUMDesa Expo 2023 merupakan pelaksanaan yang ketiga kalinya mengangkat tema “Dari Desa Untuk Kalsel Maju” dan menampilkan sejumlah pertunjukkan tarian khas tradisional dan hiburan musik lokal Banua yang akan dilaksanakan mulai 13 hingga 17 Oktober. Hal ini sejalan dengan arahan Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor yang terus mendukung dan mendorong pembangunan desa untuk mencapai desa-desa di Kalsel semakin sejahtera, sesuai visi dan misi Kalsel Maju.

Kepala Dinas PMD Provinsi Kalsel, Faried Fakhmansyah melalui Kepala Seksi Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Ekonomi Desa, Muhammad Agus Fariady mengatakan, dari pelaksanaan BUMDesa Expo akan memperkenalkan produk unggulan desa masing-masing sehingga dapat membuka pasar secara lokal maupun nasional serta menjadi ajang pertemuan antara BUMDesa dengan masyarakat dan pelaku usaha lainnya agar terjalin kemitraan yang baik.

“Sebelumnya pelaksanaan BUMDesa Expo di Duta Mall Banjarmasin. Namun, kita ingin menampung banyak orang karena pangsa pasarnya BUMDesa ini desa maka aksesnya harus lebih mudah,” ucap Agus.

Disampaikan Agus, pihaknya menyediakan puluhan stand untuk menunjang kegiatan BUMDesa Expo, termasuk ada Food Festival, Bazzar dan Talkshow BUMDesa.

“Kita tahu, BUMDesa itu berperan penting dalam mensejahterakan masyarakat dan penyumbang pendapatan desa karena mengelola sumber daya alam dan potensi desa,” tutur Agus.

Agus pun menginginkan, BUMDesa Maju di Kalsel semakin bertambah agar bisa mampu membangkitkan perekonomian dan menjadikan desa itu mandiri. “Sehingga melalui BUMDesa Expo dapat mendongkrak perekonomian desa,” sebut Agus.

Diketahui, pada pelaksanaan BUMDesa Expo akan ada penyerahan penetapan penilaian BUMDesa terbaik se-Kalsel. MC Kalsel/Ar

sumber : diskominfomc.kalselprov.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button