Nasional

Ibu Iriana dan OASE KIM Ajak Masyarakat Buat Pupuk Kompos Bersama

Ibu Iriana dan anggota OASE KIM melakukan pembuatan kompos di halaman Gedung Seni Sono, Kawasan Gedung Agung Istana Kepresidenan Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Selasa (19/09/2023). (Foto: BPMI Setpres/Rusman)

Ibu Iriana Joko Widodo beserta sejumlah anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) mengajak masyarakat untuk melakukan kegiatan pembuatan pupuk kompos dari sampah organik yang ada di rumah tangga. Ajakan tersebut disampaikan Ibu Iriana saat melakukan pembuatan kompos bersama sejumlah perwakilan PKK, Dekranasda, dan aktivis lingkungan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“Mari kita mulai mengompos sampah di rumah masing-masing, siap Ibu?” ajak Ibu Iriana sebelum memulai pembuatan kompos bersama yang dilakukan di halaman Gedung Seni Sono, Kawasan Gedung Agung Istana Kepresidenan Yogyakarta, Kota Yogyakarta, pada Selasa (19/09/2023).

Ibu Iriana menyebut bahwa pembuatan pupuk kompos merupakan kegiatan yang penting dilakukan. Hal tersebut merupakan bagian dari penerapan gaya hidup minim sampah.

“Sebagai bagian dari membangun gaya hidup minim sampah dan supaya Indonesia tetap bersih dan cantik-cantik seperti ibu-ibu semuanya,” ucap Ibu Iriana.

Dalam kesempatan itu, Ibu Iriana juga sempat menyampaikan sejumlah pertanyaan kepada ibu-ibu yang ikut serta dalam pembuatan kompos. Ibu Iriana bertanya terkait jenis sampah di rumah yang dapat dijadikan kompos.

“Sebutkan macam-macam sampah yang ada di rumah yang dapat dikomposkan?” tanya Ibu Iriana dengan disambut antusias ibu-ibu yang ingin menjawab pertanyaan tersebut.

“Ya, sayuran, buah-buahan, sisa makanan yang sudah dicuci,” ucap Ibu Iriana mendiktekan kembali jawaban dari ibu-ibu.

Sebelumnya, Ibu Iriana beserta para anggota OASE KIM turut melakukan penanaman pohon kepel atau stelechocarpus burahol di Taman Gedung Seni Sono. Tidak hanya melakukan penanaman pohon, Ibu Iriana beserta OASE KIM juga menyerahkan 1.000 bibit pohon mangga untuk wilayah DIY. (BPMI SETPRES/AIT)

sumber : setkab.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button