Pertahanan

Solusi Kekeringan di Pulau Moa, Menhan Prabowo Resmikan 11 Sumur Air Bersih Besutan Kemhan-Unhan di Maluku Barat Daya

Maluku Barat Daya – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meresmikan 11 titik air bersih di Desa Werwaru, Pulau Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Senin (4/9). Sebelumnya, Prabowo telah mengirimkan tim survei dari Kemhan dan UNHAN RI guna mendapatkan titik air untuk mengatasi kekeringan air di pulau tersebut.

Sebanyak 11 sumur air bersih ini berada di 7 desa dan 4 dusun. Hal ini merupakan bentuk respons dan solusi isu ketersediaan air di Pulau Moa yang disampaikan saat Menhan Prabowo mendampingi Presiden Jokowi pada kunjungan kerja ke MBD Kamis, 15 September 2022 lalu. Adapun ini merupakan wujud nyata dari kontribusi lembaga pendidikan di bawah Kemhan, yaitu UNHAN, untuk masyarakat.

“Kita bangga tim berhasil dan membantu warga, ternak dan nantinya bisa untuk pertanian. Ke depan, semoga fasilitas dijaga dengan baik,” kata Menhan Prabowo saat berbincang melalui video conference dengan para perwakilan desa dan masyarakat.

Sebelumnya para peternak kerbau dan kuda sempat mengeluhkan susahnya air saat Menhan Prabowo berkunjung mendampingi Presiden Jokowi. Ini menyebabkan kerbau dan kuda mati karena dehidrasi. Oleh karena itu, Presiden Jokowi pun memberi petunjuk untuk segera bertindak.

“Presiden beri petunjuk, saya sebagai Menhan. Di bawah saya ada UNHAN RI. Ada fakultas teknik dan ahli-ahli khusus di bidang air. Karena itu saya langsung memberi perintah untuk segera dibentuk satuan tugas air dan berangkat ke Pulau Moa untuk mengatasi kekurangan air,” tegas Menhan.

Menhan Prabowo juga mengapresiasi kerja keras yang dilakukan tim dari UNHAN RI untuk mengatasi kesulitan air di Pulau Moa.

“Jadi sebenarnya pujian ini untuk para insinyur ini. Terima kasih pada mereka, bukan Prabowo, saya hanya meneruskan perintah Presiden.”

Menhan Prabowo lalu mengungkapkan rasa bangganya melihat kekompakan dan kebersamaan warga dan TNI yang ada di Pulau Moa.

“Saya lihat ada kebersamaan, Babinsa dan Babinkamtibmas; kepala desa duduk bersama. Kita harus jadi satu, harus kompak, rukun bekerja dengan baik. Negara masa depan cerah, Indonesia Maluku akan menjadi sangat maju, kita yakin!” tegas Menhan Prabowo.

Turut hadir dalam peresmian diantaranya, Gubernur Maluku, Rektor UNHAN RI, Wakil Kepala BRIN, Bupati Maluku Barat Daya, Pangdam XVI/Pattimura, dan Wakapolda Maluku. (Biro Humas Setjen Kemhan)

sumber : www.kemhan.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button