InternasionalNasional

Presiden Jokowi Hadiri Jamuan Santap Siang Kenegaraan oleh Presiden Tanzania

Presiden Jokowi menghadiri jamuan santap siang kenegaraan yang digelar oleh Presiden Republik Persatuan Tanzania, Samia Suluhu Hassan, di Dar Es Salaam State House, Selasa (22/08/2023). (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menghadiri jamuan santap siang kenegaraan yang digelar oleh Presiden Republik Persatuan Tanzania, Samia Suluhu Hassan, di Dar Es Salaam State House, Dar Es Salaam, pada Selasa (22/08/2023). Jamuan santap siang tersebut menutup rangkaian penyambutan kenegaraan Presiden Jokowi ke Tanzania.

Dalam sambutannya saat jamuan santap siang, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa berkunjung ke Tanzania seperti berkunjung ke kerabat dekat. Menurutnya, Indonesia dan Tanzania memiliki persamaan identitas.

“Indonesia punya Bhinneka Tunggal Ika, sedangkan di Tanzania Uhuru na Umoja,” ujar Presiden Jokowi.

Dengan filosofi tersebut, lanjut Presiden, Indonesia menjunjung tinggi persatuan dan menghargai keberagaman. Menurutnya, filosofi tersebut adalah modal besar bagi penguatan kemitraan kedua negara.

“Filosofi ini merupakan modal besar untuk makin memperkuat kemitraan kita,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi menikmati beragam hidangan, antara lain sup wortel kacang polong, ayam tikka, sate ikan, cumi panggang, hingga ditutup dengan sajian buah segar. Kedua presiden kemudian saling mendoakan untuk kesehatan serta kesejahteraan rakyat kedua negara.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam acara tersebut antara lain Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Duta Besar RI untuk Republik Persatuan Tanzania Tri Yogo Jatmiko. (BPMI SETPRES/AIT)

The post Presiden Jokowi Hadiri Jamuan Santap Siang Kenegaraan oleh Presiden Tanzania appeared first on Sekretariat Kabinet Republik Indonesia.

sumber : setkab.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button