Pertahanan

Sekjen Kemhan Hadiri Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Kalibata

Jakarta – Sekjen Kemhan Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto menghadiri apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Utama, Kalibata, Jakarta, pada Kamis, 17 Agustus 2023, tepat pukul 00.00 WIB. Acara tersebut dipimpin oleh Presiden Joko Widodo dan diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia.

Setibanya di lokasi, Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin terlebih dahulu melakukan penghormatan di gerbang TMP Kalibata.

Selanjutnya, Presiden Joko Widodo selaku Inspektur Upacara memimpin apel Kehormatan dan Renungan Suci. Dalam pernyataan yang dibacakannya, Presiden Joko Widodo menyatakan penghormatan tertinggi bagi 10.304 pahlawan yang telah mengabdi dan mengorbankan jiwa raga untuk membela Tanah Air dan meneruskan perjuangan.

Presiden merinci, sebanyak 9.276 pahlawan dari TNI dan Polri, 913 pahlawan dari Badan Perjuangan, 72 pahlawan dari tokoh nasional, dan 43 pahlawan tidak dikenal bersemayam di TMP Kalibata.

Presiden juga memberikan penghormatan kepada para pahlawan yang tidak dikenal, baik nama maupun tempatnya, dari seluruh pelosok Indonesia. Kepala Negara juga turut mendoakan agar para pahlawan diberikan tempat yang sebaik-baiknya.

“Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang ditempuh adalah jalan kami juga. Kami berdoa, semoga arwah para pahlawan diterima Tuhan Yang Maha Esa di tempat yang sebaik-baiknya,” imbuhnya.

Turut hadir dalam apel kehormatan dan renungan suci Menko PMK, Mensos, Panglima TNI, Kapolri, Kepala Staf Kepresidenan (KSP), dan Sekjen Kemhan. (Biro Humas Setjen Kemhan)

sumber : www.kemhan.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button