AdvertorialPemerintahanTanah Bumbu

Sosialisasi SP4N-LAPOR: Pemanfaatan Aplikasi untuk Peningkatan Pelayanan Publik

BATULICIN – Pemanfaatan sistem pengolahan pengaduan pelayanan publik nasional (SP4N) – layanan aspirasi dan pengaduan online rakyat (LAPOR) masih belum optimal. Untuk memastikan pelayanan yang lebih maksimal, Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Tanah Bumbu mengadakan sosialisasi sistem pengelolaan ini.

Bertempat di Aula Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu pada Selasa (25/07/2023). Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Tanah Bumbu Hj Mariani, Melalui Sekretaris Dinas Efrin.

Dalam sambutannya, Efrin menekankan pentingnya sosialisasi untuk memastikan masyarakat tahu cara melapor ke pemerintah.

SP4N-LAPOR

“Acara sosialisasi yang kita adakan pada hari ini memiliki tujuan yang sangat penting, yaitu untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang sistem SP4N-LAPOR kepada seluruh peserta yang hadir di sini,” ungkapnya.

SP4N-LAPOR merupakan website pengelolaan pengaduan pelayanan publik Kementerian PANRB dan terintegrasi secara nasional pada kementerian, lembaga, dan pemerintah kabupaten/kota. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pelayanan publik oleh penyelenggara negara. Seluruh aduan yang terkirim melalui aplikasi maupun website SP4N-LAPOR akan diverifikasi dan ditindaklanjuti. Identitas pelapor akan dirahasiakan, sehingga pelapor tidak perlu khawatir akan informasi pribadinya.

Efrin juga menekankan bahwa pelaporan digital ini merupakan inovasi baru, namun masyarakat tidak perlu khawatir karena pihak terkait memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk menangani pengaduan masyarakat dan memastikan bahwa semua aduan akan terlayani dengan baik.

Efrin berharap agar acara sosialisasi ini dapat berjalan dengan sukses dan memberikan manfaat yang besar bagi semua pihak. Mengajak peserta berdiskusi, berbagi pandangan, pengetahuan akan terserap dari berbagai pengalaman yang berbeda.

Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik Dinas KominfoSP Tanbu, Akhmad Salehuddin, menjelaskan bahwa sosialisasi ini merupakan upaya untuk memperbaiki kualitas pelayanan publik di Kabupaten Tanah Bumbu dengan memberikan akses yang seluas-luasnya kepada masyarakat.

Sebanyak 100 peserta dari lingkup kecamatan Kabupaten Tanah Bumbu yang mengikuti acara. Hairun Nikmah, Kasi Aspirasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Provinsi Kalimantan Selatan, hadir sebagai narasumber dalam acara ini.

SP4N-LAPOR

Dengan adanya sosialisasi ini, harapanya pemanfaatan aplikasi SP4N-LAPOR dapat meningkat sehingga masyarakat dapat lebih mudah menyampaikan aspirasi, pengaduan, dan permohonan informasi kepada pemerintah dengan lebih efektif dan efisien. Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu berkomitmen meningkatkan pelayanan dan memperhatikan kebutuhan masyarakat melalui sistem pengaduan ini. (Dwn)

The post Sosialisasi SP4N-LAPOR: Pemanfaatan Aplikasi untuk Peningkatan Pelayanan Publik appeared first on Portal Berita Tanah Bumbu.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button