AdvertorialPemerintahanTanah Bumbu

Pemkab Tanbu gelar rakoor Pilkades serentak gelombang ke dua tahun 2023

BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menggelar rapat koordinasi (Rakoor) persiapan tahapan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak gelombang ke dua tahun 2023 bertempat di Ruang Rapat Bersujud, Kantor Bupati Tanbu di Batulicin, Rabu (21/6/2023).

Kepala Dinas PMD Tanbu Samsir melalui Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Ichsan Shirazi menekankan pentingnya menjalankan Pilkades dengan nyaman, aman, dan tertib.

Untuk itu, Ia mendorong adanya kerjasama yang erat antara Pemerintah Daerah dengan pihak Kepolisian, TNI, Kejaksaan, dan Pengadilan Tanah Bumbu.

Kerjasama ini, kata Ichsan diharapkan dapat mengatasi potensi masalah sengketa Pilkades atau hal-hal lainnya.

Agar seluruh proses Pilkades berjalan lancar, rapat juga membahas tentang pentingnya sosialisasi kepada Panitia Pilkades Tingkat Desa dan Pengawas Pemilihan. Sosialisasi dijadwalkan akan dilaksanakan 3-6 Juli 2023.

Kemudian, pada tanggal 23 September 2023, akan dilakukan Hari Pemungutan Suara, di mana Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara akan melaporkan hasil pemungutan dan perhitungan suara kepada Panitia Pemilihan Tingkat Desa.

Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu berharap agar seluruh tahapan Pilkades serentak gelombang ke dua tahun 2023 dapat berjalan dengan lancar dan adil. Karena, Pilkades adalah momen penting dalam memilih pemimpin di tingkat desa yang akan berpengaruh langsung terhadap pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.

Oleh karena itu, partisipasi aktif dari masyarakat dalam proses demokrasi ini sangat diharapkan dengan memberikan suara secara bijaksana, masyarakat dapat turut serta membangun desa yang lebih baik.

Dalam kesempatan itu, Ichsan juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh peserta rakoor yang hadir, termasuk dari SKPD Pemkab Tanbu, Polres, Kodim, Kejaksaan Negeri, dan Pengadilan Tanah Bumbu. Ini menjadi bukti keseriusan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab terkait pelaksanaan Pilkades. (dwn)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button