AdvertorialPendidikanTanah Bumbu

Puluhan Murid KB-TPA Rumah Pintar Batulicin kunjungi Perpustakaan Tanah Bumbu

BATULICIN – Murid Paud Terpadu KB-TPA Rumah Pintar Batulicin mengadakan kunjungan edukasi yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan kecintaan anak-anak pada buku.

Kunjungan ke Gedung Layanan Perpustakaan Daerah Kabupaten Tanah Bumbu di Gunung Tinggi Batulicin, Kamis (8/6/2023) diikuti sebanyak 20 murid beserta enam orang guru dan pendamping.

Selama berada di perpustakaan, anak-anak aktif terlibat dalam berbagai kegiatan yang dirancang untuk memperkenalkan mereka pada dunia literasi.

Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah pengenalan buku-buku yang ada di perpustakaan.

Anak-anak diajak untuk melihat dan memegang buku-buku beragam genre, sehingga mereka dapat mengenal berbagai jenis bacaan.

Selain itu, mereka juga berkesempatan untuk bermain dan menonton bersama di Studio Mini yang tersedia di perpustakaan.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanah Bumbu Yulia Ramadhani melalui Kepala Bidang PLPBP Alden Ibrahim mengatakan kunjungan edukasi ini sangat penting dalam membentuk kebiasaan membaca sejak dini pada anak-anak.

“Pengenalan literasi pada usia dini memiliki dampak positif yang besar bagi perkembangan anak,” katanya.

Anak-anak yang terbiasa dengan dunia literasi cenderung memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dalam lingkungan sekitar mereka.

Mereka belajar untuk mengungkapkan pikiran dan emosi dengan lebih baik melalui kata-kata, serta mengembangkan imajinasi dan kreativitas mereka.

“Selain itu, perpustakaan juga memiliki peran yang sangat penting dalam era modern ini. Bukan hanya sebagai tempat untuk membaca dan meminjam buku, perpustakaan kini menjadi wahana ekonomi kreatif, seni, dan rekreasi. Dengan menyediakan berbagai program dan fasilitas yang menarik, perpustakaan mampu memberikan hiburan yang bermanfaat bagi para penggunanya. Hal ini memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk merasakan kegiatan positif di luar sekolah dan rumah,” tuturnya.

Kunjungan edukasi dari Paud Terpadu KB-TPA Rumah Pintar Batulicin ke Gedung Layanan Perpustakaan Daerah Kabupaten Tanah Bumbu telah memberikan pengalaman yang berharga bagi para murid.

Mereka tidak hanya belajar tentang pentingnya membaca dan literasi, tetapi juga merasakan kegembiraan dalam menjelajahi dunia buku.

Diharapkan, kegiatan semacam ini akan terus dilakukan untuk mendorong minat baca dan literasi pada anak-anak usia dini, sehingga mereka dapat tumbuh menjadi generasi yang cerdas dan berpengetahuan luas. (Dwn)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button