AdvertorialPendidikanTanah Bumbu

Pemkab Tanbu gelar seleksi peserta pelatihan keterampilan di PRSTS Barakat Cangkal Bacari

BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) melakukan seleksi calon klien angkatan IV Panti Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial (PRSTS) Barakat Cangkal Bacari Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Tahun 2023.

Seleksi dilakukan di Kantor Dinsos Tanbu di Jalan Dharma Praja, Gunung Tinggi, Kecamatan Batulicin, Selasa (30/5/2023).

Sebanyak 22 peserta yang masing-masing berasal dari perwakilan 12 Kecamatan se-Tanbu mengikuti seleksi tersebut. Peserta seleksi diminta mengisi formulir, kelengkapan identitas, dan pilihan keterampilan yang diminati, seperti pelatihan tata busana (menjahit), tata rias (salon), tata boga (memasak) dan bengkel motor.

Kepala Dinsos Tanbu, Basuni melalui Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Maulidah menyampaikan seleksi ini mengecualikan bagi peserta dengan berpendidikan SMK, lulusan BLK, dan lulusan panti milik Pemprov Kalsel, maupun yang sedang dalam proses hukum/kepolisian.

“Kita mencari orang-orang yang potensial, yang terbilang miskin atau kurang mampu dengan persyaratan tertentu dan akan dilakukan kunjungan ke alamat peserta,” katanya.

Melalui pelatihan ini diharapkan kualitas sumberdaya manusia di daerah meningkat, khususnya bagi mereka yang benar-benar membutuhkan dan tidak mampu.

“Harapannya melalui pelatihan keterampilan ini mereka mendapatkan ilmu yang bisa diterapkan sebagai usaha mereka nantinya di masyarakat sehingga dapat pula mengurangi kemiskinan, baik dari pihak provinsi maupun daerah. Mereka bisa hidup mandiri dan mendapat pendidikan dengan kemampuan dan hasil yang berkualitas sesuai keahlian di bidangnya masing-masing,” Ungkapnya.

Sementara itu, Kasi Pembinaan PRSTS Barakat Cangkal Bacari Angkatan IV Kalsel Drs. Aspul Anwar menjelaskan untuk kuota peserta pelatihan keterampilan tahun 2023 ini terbatas.

“Kuota peserta laki-laki hanya 13 orang, dan kuota peserta perempuan sebanyak 40 orang dari 13 Kabupaten/Kota se-Kalsel, dan rata-rata per-Kabupaten/Kota akan meluluskan 3 sampai 4 orang saja,” ungkapnya.

Terbatasnya jumlah peserta pelatihan keterbatasan asrama yang dimiliki saat ini.

Adapun pada kegiatan kali ini, Dinsos Tanbu bertindak sebagai fasilitasi seleksi PRSTS Barakat Cangkal Bacari Angkatan IV, sedangkan yang menjadi pelaksananya adalah Dinas Sosial Provinsi Kalsel. (fit)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button